Features Title Here. Consectetur adipisicing

Features Content Here. Sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

macam-macam pendingin procesor

Rabu, 11 Januari 2012

macam-macam pendingin procesor


1. stock cooling

stock cooling adalah sebuah pendingin yang biasanya menjadi bawaan saat kita membeli processor
stockcooling macam macam pendingin processor

2. Water cooling

Sistem pendinginan air dalam PC membawa beberapa kelebihan: Komponen terintegrasi seperti CPU atau graphics card akan menjadi 10% lebih dingin, sehingga umurnya akan lebih panjang. Dengan produksi panas lebih rendah, beban sistem dan kebutuhan ventilasi berkurang, PC pun nyaris tanpa bunyi.

Water cooling 300x148 macam macam pendingin processor
Water-Cooling


Memasang sistem pendingin air (water cooling) tidaklah terlalu sulit. Berikut akan CHIP berikan panduan langkah demi langkah untuk menginstalasi pendingin air. Dalam praktek ini , menggunakan perangkat Innovatek Premium XXD dan casing tower Silverstone TJ06. Anda tidak harus menggunakan merek ini. Di pasaran tersedia banyak merek penyedia solusi water cooling. Metode pendingin air lainnya kurang lebih sama.

3. dry ice dan nitrogen cair

Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel. prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tsb akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.


dryice macam macam pendingin processor
dryice

Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensaai(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada motherboard.
di sekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencegah kondensasi.

nitrogencair macam macam pendingin processor
nitrogencair


Pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim.
Suhu pendingin Liquid Nitrogen bisa mencapai -190 derajat Celcius..

4. Phase-change cooler

Pendinginan tipe ini serupa dengan pendinginan yang digunakan pada kulkas dimana pendinginan akan didorong dengan kompresor.
Phase changecooler 300x176 macam macam pendingin processor



Phase changecooler2 300x300 macam macam pendingin processor
Phase-changecooler2


Pendinginan ini cenderung lebih dingin dari pada TEC.

5. TEC (Thermoelectric Cooler)

Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas.
gambaran prinsip kerjanya adalah sebagai berikut.

big Cooling TEC macam macam pendingin processor
Big Cooling TEC


pendinginan dengan sistem ini memungkinkan untuk mendinginkan hingga dibawah suhu ruangan. Dalam kasus tertentu suhunya dapat mencapai dibawah titik beku air.

0 komentar:

Posting Komentar