Features Title Here. Consectetur adipisicing

Features Content Here. Sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Rabu, 11 Januari 2012

Sistem operasi komputer

apa dan bagaimana itu sistem operasi komputer, pada artikel kali ini chapila.com mencoba membuat artikel mengenai sistem operasi komputer, sebagaimana kita ketahui komputer terdiri dari 3 bagian utama yaitu perangkat keras komputer atau hardware, perangkat lunak komputer atau software dan juga brainware atau pengguna.

pengertian sistem operasi komputer

Sistem Operasi komputer bisa di artikan sebagai program perangkat lunak komputer atau program yang menjembatani / mengatur akses antara perangkat keras komputer seperti keyboard,mouse, disk drive, monitor, atau koneksi jaringan dan program aplikasi (seperti ms word, browser atau elektronik mail client.

Fungsi sistem operasi komputer

sistem operasi komputer
sistem operasi komputer
sistem operasi komputermemastikan semua semua program aplikasi komputer berjalan dengan baik, dan tidak saling terganggu antara program aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Sistem operasi komputer bertanggung jawab atas keamanan komouter , memastikan agar tidak ada program lain yang mengakses komputer.
os  adalah induk dari semua aplikasi yang ada pada komputer, pemilihan penggunaan sistem operasi komputer akan menjadi acuan atau dasar utama software / aplikasi komputer yang akan digunakan nantinya. Umumnya sistem operasi komputer saat ini menggunakan microsoft windows atau macintosh, atau sistem operasi UNIX.
Sistem operasi komputer dapat didefenisikan sebagai sebuah program komputer yang digunakan untuk mengontrol / mengatur perangkat keras komputer atau biasa di sebut hardware dan sebagai acuan atau landasan penggunaan perangkat lunak selanjutnya. Sistem operasi komputer juga sebagai penghubung antara hardware dengan pengguna.
Sistem operasi komputer juga mengendalikan kontrol dan menghubungkan atau mengkoordinasikan penggunaan perangkat keras komputer (hardware) dengan program aplikasi untuk berbagai tujuan. Dengan begitu Sistem operasi komputer bukan bagian dari hardware atau bagian dari program komputer  tetapi sebagai penghubung antara hardware dan software aplikasi komputer.

Jenis sistem operasi komputer

  1. Real-time sistem operasi (RTOS) – sistem operasi komputer Real-time digunakan untuk mengendalikan mesin, instrumen ilmiah dan sistem industri.
  2. Single-user, tugas tunggal – sistem operasi komputer ini dirancang untuk mengelola komputer sehingga satu pengguna dapat secara efektif melakukan satu hal pada suatu waktu.
  3. Single-user, multi-tasking – Ini adalah jenis sistem operasi kebanyakan orang menggunakan pada desktop dan komputer laptop.
  4. Multi-user – Sebuah sistem operasi multi-user memungkinkan pengguna yang berbeda untuk mengambil keuntungan dari komputer secara bersamaan. Unix, VMS dan sistem operasi mainframe, seperti MVS , adalah contoh dari multi-user sistem operasi.

Sejarah sistem operasi komputer

Sejarah sistem operasi komputer dibagi dalam empat bagian, dimana menurut Tanenbaum masa – masa inilah os berkembang begitu pesat
  1. Generasi pertama  (1945-1955) Pada tahap ini adalah awal dari perkembangan dari sistem operasi komputer sebagai pengganti sistem perhitungan mekanik
  2. Generasi kedua  (1955-1965) Pada sistem operasi komputer tahap kedua mulai di perkenalkan Batch Processing System, yaitu perkerjaan di kerjakan dalam satu proses kerja. Lalu di jalankan secara berurutan. Pada generasi kedua ini komputer sudah memiliki sistem operasi, namun beberapa fungsi dan bagian sistem operasi belum ada.
  3. Generasi kedua  (1965-1960) Pada tahap ini sistem operasi komputer di kembangkan agar bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus, pada taham inilah sistem operasi mulai menganut sistem multi user dan multi programing
  4. Generasi kedua  (pasca 1980) Komputer mulai bekerja dengan sistem jaringan, dimana para pengguna mulai terhubung satu-sama lain, pada komputer geneari ke 4 ini GUI (Graphical User Interface) muali di perkenalkan, dimana antar muka komputer sudah berbasis grafis. Generasi kedua (pasca 2001 hingga sekarang)
  5. Untuk generasi komputer ke lima, belum ada informasi yang jelas seperti apa bentuknya, yang jelas sistem operasi komputer tahap ke lima, sama seperti apa yang sobat gunakan sekarang.

Contoh sistem operasi komputer

  1. Windows, termasuk versi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, adalah sistem operasi yang paling umum untuk pengguna rumahan. Windows di buat oleh Microsoft sistem operasi  Windows menggunakan GUI, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem operasi windows dengan grafis.
  2. Mac OS X – Diproduksi oleh Apple, Mac OS X adalah sistem operasi yang digunakan khusus pada komputer Macintosh. Meskipun menggunakan GUI yang berbeda, secara konseptual cara kerjanya mirip dengan Windows
  3. Linux dan sistem operasi UNIX lainnya berasal – Linux dan sistem lain yang berasal dari sistem operasi UNIX yang sering digunakan untuk workstation dan server khusus, seperti web dan email server. Karena UNIX lebih sulit bagi pengguna umum atau memerlukan pengetahuan khusus dan keterampilan untuk mengoperasikannya, UNIX kurang populer dengan pengguna baru.

Kesimpulan sistem operasi komputer

Sampai disini bisa di simpulkan bahwa sistem operasi komputer adalah bukan bagian dari hardware atapun program aplikasi komputer, tetapi sistem operasi komputer adalah penghubung antara keduanya, dan akan menjadi acuan/landasan program aplikasi yang akan di gunakan nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar